kemacetan peti kemas

Kemacetan Pelabuhan Sampai ke Seluruh Negeri?

Kemacetan Atau kongesti di pelabuhan menyebar ke seluruh negeri. Mengancam untuk memperpanjang penundaan pengiriman dan menaikkan biaya bagi importir yang ingin mengatasi kemacetan di kompleks gerbang besar California Selatan.

Varian Omicron dan Kekurangan Pekerja

Kapal peti kemas mundur dari garis pantai dari Oakland, California, ke Charleston, S.C., karena rekor arus kotak masuk dan keluar negara yang dikombinasikan dengan kekurangan pekerja yang dipicu oleh varian Omicron yang menyebar cepat dari Covid-19.

“Sangat frustasi menjadi importir sekarang,” kata Nathan Strang, direktur manajemen jalur perdagangan laut di Flexport Inc., sebuah perusahaan pengiriman barang yang berbasis di San Francisco.

Cadangan kapal yang mengganggu pelabuhan AS selama pandemi terutama terkonsentrasi di sepanjang Pantai Barat. Niels Madsen, wakil presiden operasi di Sea-Intelligence yang berbasis di Denmark, mengatakan peningkatan cadangan di pelabuhan Pantai Timur menunjukkan kemacetan memburuk di sana.

Waktu tunggu rata-rata untuk berlabuh di gerbang Pantai Timur tersibuk, Pelabuhan New York dan New Jersey, diperpanjang menjadi 4,2 hari minggu lalu. Menurut data pelabuhan, naik dari 1,6 hari Januari lalu. Di Pelabuhan Charleston, cadangan 19 kapal kontainer sedang menunggu di lepas pantai untuk berlabuh. Pejabat pelabuhan New Jersey mengatakan kemacetannya disebabkanoleh ketidakhadiran pekerja terkait Covid-19. Pejabat Charleston mengatakan cadangan mereka terutama karena lonjakan impor yang telah menyumbat terminal. Hal ini meninggalkan ruang terbatas untuk membongkar peti kemas masuk.

Pelabuhan Los Angeles dan Long Beach, yang merupakan kompleks pelabuhan peti kemas tersibuk di negara. Mereka telah berjuang untuk menangani rekor arus peti kemas selama lebih dari setahun. Antrian kapal yang menunggu untuk memasuki pelabuhan tetap sekitar 100 kapal. Selama hampir dua bulan meskipun pelabuhan dan administrasi Biden berusaha untuk menyelesaikan backlog. Pihak berwenang di sana mengatakan sekitar 800 pekerja dok, atau sekitar 10% dari kru penanganan, tidak hadir karena alasan terkait Covid  awal bulan ini.

Kemacetan Peti Kemas Meningkat

Jumlah peti kemas yang menunggu lebih dari 15 hari untuk diambil di Charleston, gerbang terbesar kedelapan di negara itu untuk impor peti kemas. Melebihi 7.000 peti kemas minggu lalu, meningkat 40% dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya. Pejabat Otoritas Charleston mengatakan butuh enam minggu untuk menyelesaikan backlog.

Pelabuhan Savannah Georgia mengatakan bulan ini telah menyelesaikan backlog yang telah berkembang menjadi lebih dari 20 kapal akhir tahun lalu. Upaya yang mereka lakukan adalah membuka tempat penyimpanan peti kemas baru, termasuk fasilitas “munculan” sementara. Hal ini dilakukan untuk memberi ruang di terminal untuk menangani peti kemas, kata Griff Lynch, direktur eksekutif Otoritas Pelabuhan Georgia, yang mengoperasikan pelabuhan Savannah.

Pantai Barat juga mengalami kesulitan. Di Pelabuhan Oakland, 15 kapal menunggu untuk berlabuh. Pejabat otoritas pelabuhan di sana mengaitkan cadangan tersebut dengan ribuan peti kemas kosong yang telah memenuhi terminal saat mereka menunggu kembali ke Asia.

Volume impor gabungan di pelabuhan California Selatan bulan lalu merosot ke level terendah dalam 18 bulan karena terminal pelabuhan. Pengemudi truk dan gudang berjuang untuk memindahkan peti kemas ke pedalaman. Peter Sand, kepala analis di Xeneta, sebuah perusahaan data transportasi yang berbasis di Norwegia, mengatakan kemacetan mengikat kapasitas pengiriman dan berkontribusi pada kenaikan tarif laut. Tarif spot dasar untuk mengirimkan kontainer 40 kaki dari Timur Jauh ke pelabuhan AS mencapai tingkat pandemi tertinggi bulan ini. Rata-rata untuk tarif pengiriman Pantai Timur adalah sekitar $12.000, naik dari $3.000 dua tahun lalu. Tarif ke Pantai Barat adalah sekitar $8.500, meningkat sekitar 467% dari Januari 2020.

Connect with us!

Sumber Data : wsj.com diakses melalui www.beritatrans.com/artikel

Perdagangan Indonesia Chile Makin Cerah Lewat Penandatanganan Protokol

Perdagangan Indonesia Chile Makin Cerah Lewat Penandatanganan Protokol

logisklikNov 23, 20224 min read

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Wakil Menteri Hubungan Ekonomi Internasional Chile José Miguel Ahumada menandatangani Protokol Perdagangan Jasa ke dalam Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Pemerintah Indonesia dan Chile pada hari Senin (21/11/2022). Penandatanganan Protokol tersebut menandai tercapainya kesepakatan kerja…

Meterai Elektronik, Bagaimana Menggunakannya?

Meterai Elektronik, Bagaimana Menggunakannya?

logisklikNov 15, 20224 min read

Meterai elektronik dapat mempermudah pembuatan dokumen secara elektronik. Seiring berkembangnya teknologi informasi, turut terjadi perubahan bentuk dokumen menjadi elektronik yang memanfaatkan jaringan internet atau secara online. Meterai dalam bentuk elektronik bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bertransaksi secara elektronik. Baca juga: Meterai…

Persiapan Ekspor Yang Perlu Diperhatikan Pelaku UKM

Persiapan Ekspor Yang Perlu Diperhatikan Pelaku UKM

logisklikNov 10, 20227 min read

Pelaku UKM mungkin belum begitu akrab dengan kegiatan ekspor atau mengirimkan barang ke negara lain. Minimnya informasi tentang kondisi pasar luar negeri, rumitnya mengurus perizinan ekspor, dan modal yang cukup besar merupakan sejumlah penghalang yang menghambat pelaku UKM untuk mengekspor…

Incoterms 2020: Klasifikasi dan Kategori

Incoterms 2020: Klasifikasi dan Kategori

logisklikNov 9, 202215 min read

Incoterms adalah seperangkat aturan komersial/perdagangan yang ditetapkan oleh Kamar Dagang Internasional (“ICC”) yang digunakan dalam kontrak penjualan internasional.[1] Incoterms bukan aturan wajib, agar memiliki efek hukum, incoterms harus secara jelas dimasukkan oleh para pelaku ekspor impor ke dalam kontrak mereka. Berikut…

Sertifikat Fitosanitari untuk Ekspor Kopi

Sertifikat Fitosanitari untuk Ekspor Kopi

logisklikNov 8, 20226 min read

Sertifikat fitosanitari (phytosanitary certificate) adalah salah satu syarat ekspor kopi yang diminta negara-negara tujuan ekspor teresar untuk memastikan kualitas komoditas kopi yang mereka terima. Salah satu peluang bisnis bagi UMKM Indonesia adalah ekspor kopi, khususnya biji kopi. Kopi merupakan komoditas…

 

Pesan Sekarang

Cek Harga dan Jadwal untuk Pengiriman Ekspor Impor Kamu
Jadi Lebih Gampang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.