transaksi digital

Transaksi Digital dan Pengaruh Terhadap Logistik

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan ekonomi keuangan digital nasional akan meningkat pesat pada tahun 2022 dengan volume e-commerce mencapai Rp 530 triliun dari tahun 2021 di Rp 403 triliun.

Uang elektronik, lanjutnya, akan mengalami peningkatan menjadi Rp337 triliun dari tahun 2021 di Rp289 triliun.

Pemerintah Indonesia Optimis Transaksi Digital

Guna mencapai target tersebut, Bank Indonesia telah menyiapkan arah bauran kebijakan 2022 yang terdiri dari kebijakan moneter yang pro-stability dan kebijakan pro-growth yang terdiri dari makroprudensial, sistem pembayaran, mengembangkan pasar uang, dan ekonomi keuangan inklusif dan hijau.

“Memang untuk tahun lalu dan tahun ini, 5 kebijakan pro-growth karena stabilitas harga terjaga, stabilitas nilai tukar terjaga. Tapi tahun depan dunia berubah karena ada ketidakpastian pasar uang global karena ada normalisasi kebijakan moneter,” ujarnya.

Khusus untuk arah kebijakan sistem pembayaran, kata Perry Warjiyo, Bank Indonesia telah melakukan transformasi digital sejak Mei 2019. Hingga awal Desember 2021, jumlah pengguna QRIS telah mencapai 12 juta pengguna dan tahun depan ditargetkan sebanyak 12 juta.

Selain itu Bank Indonesia juga melakukan elektronifikasi keuangan pemerintah daerah, digital rupiah, serta konsolidasi industri sistem pembayaran digital untuk mendukung unicorn-unicorn di Indonesia.

Optimisme pemulihan juga didukung oleh kenaikan volume perdagangan dunia dan harga komoditas yang terus berlanjut, sehingga menopang prospek ekspor negara berkembang. Namun, dampak dari gangguan rantai pasokan dan keterbatasan energi perlu diwaspadai.

Amazon Menutup Toko Fisik

Belakangan ini penutupan toko usaha marak terjadi, termasuk toko buku milik Amazon, Amazon Books.

Tak hanya menutup toko buku Amazon Books, raksasa e-commerce ini juga menutup toko Amazon 4-Star dan Amazon Pop Up, yang menjual berbagai barang elektronik dan barang populer lainnya.

“Penutupan itu mempengaruhi 68 toko di seluruh AS dan Inggris,” kata Amazon, dilansir dari CNBC Internasional, Kamis (3/3/2022).

Tanggal penutupannya bervariasi berdasarkan lokasi. Amazon mengatakan perusahaan akan membantu karyawan yang terkena dampak untuk menemukan pekerjaan di tempat lain. Pekerja yang memilih untuk tidak tinggal akan ditawari paket pesangon.

Perusahaan besutan Jeff Bezos itu menolak untuk mengatakan berapa banyak karyawan yang akan terpengaruh oleh penutupan tersebut.

Perusahaan secara bertahap meluncurkan serangkaian konsep bata-dan-mortir, dari supermarket hingga toko ritel yang menawarkan barang elektronik bermerek. Toko 4-Star, khususnya yang berusaha menyatukan operasi di dalam toko dan offline Amazon dengan menampilkan produk terlaris di toko webnya.

Tapi pertumbuhan penjualan unit toko fisik nyatanya malah tertinggal jauh dari bisnis ritel perusahaan secara keseluruhan.

Toko fisik, yang mencakup gerai Whole Foods dan Fresh, melaporkan penjualan yang lebih rendah pada 2021 dibandingkan tahun 2018.

Amazon memangkas jejak ritel fisiknya setelah turun dari tingkat pertumbuhan paling lambat untuk setiap kuartal sejak 2001.

Seorang juru bicara Amazon mengatakan perusahaan tetap berambisi untuk membangun konsep dan teknologi ritel fisik jangka panjang.

Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka akan terus fokus pada jaringan toko kelontong Amazon Fresh dan Whole Foods Market, toko serba ada Amazon Go, dan untuk merangkul teknologi cashier less Just Walk Out.

Amazon juga telah memperkenalkan teknologi ritel eksperimental lainnya seperti Amazon One, yang memungkinkan pengguna memindai telapak tangan mereka untuk membayar barang. Serta Dash Carts, toko belanja yang diisi dengan sensor yang memungkinkan pembeli check out tanpa kasir.

Dampak Pada Logistik

Kondisi minimnya ruang kapal untuk pengiriman kontainer diprediksi bisa berakhir pada pertengahan tahun. Meski harga pengiriman atau freight tidak akan kembali ke masa sebelum pandemi, ditambah lagi dengan semakin meningkatnya jumlah transaksi digital.

Ketua Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia (ALFI) Yuki Nugrahawan, mengatakan isu yang terjadi di lapangan bukan masalah defisit kontainer, melainkan ruang kapal yang berkurang khususnya untuk tujuan Amerika Serikat.

Hal ini membuat kenaikan harga freight mulai dari 500 – 900% dari tarif awal sebelum pandemi. Dampaknya eksportir saat ini sulit untuk melakukan pengiriman juga daya saing produk Indonesia juga terganggu karena ongkos logistik yang mahal.

Namun kondisi kelangkaan ruang kapal dan harga freight bisa lebih stabil dalam waktu dekat. Melihat aktivitas perdagangan di China yang akan berkurang imbas tahun baru Imlek.

Selain itu ALFI juga stakeholder terkait berusaha mendatangkan kapal yang lebih besar, sehingga banyak ruang yang dapat diisi eksportir.

Meski begitu ongkos freight tidak akan bisa mengalami penurunan yang drastis, atau kembali seperti sebelum pandemi. Namun dipastikan tidak ada lagi lonjakan yang signifikan terjadi.

Connect with us!

Sumber Data:

  1. https://www.cnbcindonesia.com/tech/
  2. https://www.suara.com/tekno/
  3. https://www.cnbcindonesia.com/news/

READ MORE

Perdagangan Indonesia Chile Makin Cerah Lewat Penandatanganan Protokol

Perdagangan Indonesia Chile Makin Cerah Lewat Penandatanganan Protokol

logisklikNov 23, 20224 min read

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Wakil Menteri Hubungan Ekonomi Internasional Chile José Miguel Ahumada menandatangani Protokol Perdagangan Jasa ke dalam…

Pengiriman Bersama Logisklik

“Logisklik bisa tau info kapan kapal delay, bisa kasih saran kapan baiknya masuk gudang supaya lebih efektif” – Tri Eksportir Lengkuas Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published.